Jasa Buat Biopori pekanbaru 0813 7481 3462

Metoda pembuatan sumur resapan dan biopori adalah bertujuan sama yaitu untuk menanggulangi dan mencegah banjir ketika musim penghujan atau pada saat hujan besar melanda. namun kedua cara tersebut mempunyai kualitas manfaat yang tidak sama denagn biaya yang juga berbeda,

Sumur resapan

Sumur resapan adalah lubang yang permukaan tanah yang sebgaja dibuat untuyk menapung air hujan agar dapat meresap dan menarik debit air dalam jumlah yang tidak terbatas.

Kelebihan sumur resapan
Sumur resapan dapat dikerjakan diwilayah manapun
Tidak membutuhkan banyak peralatan yang berat dan baiaya ayang amahal
Lebih ramah bagi lingkungan karena metoda pengerjaannya hanya menggunakan bahan bahan organik atau sampah rumah tangga
Lebih awet dan tahan lama dalam pemakaian jangka panjang termasuk ketika menahan beban berat dari sekumpulan banyak orang yang berdiri diatasnya.
Biaya perawatan relatif murah.
Kekurangan sumur resapan
Membutuhkan banyak biaya untuk membeli peralatan untuk penerapan pembuatan sumur serapan.
Ketika ingin mengerjakan sumur serapan butuh penelitian, pemantauan dan pemeriksaan terlebiih dahulu agar dapat digunakan sebagai tempat yang benar benar tepat
Membutuhkan buis beton, bata dalam jumlah yang banyak, batu dan lain lain yang membutuhkan waktu cukup panjang dalam penyelesaian pembuatan sumur resapan
Biopori

Biopori merupakan resapan air didalam kedalaman tanah tertentu yang dilaksanakan denagn membuang lubnag besar pada tanah dan mengisinya dengan sampah sampah organik.
Partikel sampah organik itu lalu dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah dan akhiernya muncullah pori pori tanah yang sangat berguna untuk menyerap dan menarik air dalam jumnlah banyak.

Kelebihan biopori
Dapat membantu penyerapan dan penarikan air hujan kedalam tanah agar menghindari genangan air dalam jumlah banyak yang dapat mengakibatkan banjir.
Dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah yang didalamnya terdapat daun daun kering atau biji bijian dan lain lain dimana nantinya akan mengalami proses pembusukan yang dapat menyuburkan tanah.
Dapat mengurangi penumpukan sampah organik karena samnpah tersebut dapat mencegah penyebaran penyakit yang dihasilkan dari pembusukan sampah tersebut.
Tidak membutuhkan banyak biaya untuk pembelian alat alat yang berhubungan dengan pembuatan biopori seperti buis beton dan lain lain.
Kekurangan biopori
Lubang yaang telah dibuat cenderung tidak mampu menampung banyaknya jumlah air yang terlalu banyak atau melimpah
Dapat merusak pekarangan atau tempat orang lain jika airnya tidak mersap secara keseluruhan karena dapat menyebabakan sekitarnya menjadi tergenang dan lembab. sangat rentan menjadi sarang nyamuk.
Membutuhkan lubang dengan ukuran besar agar jika musim hujan tiba dapat menampung air dengan baik.
Dalam metoda pembuataannya sangat melelahkan dabn banyak butuh waktu untuk menyelesaikannnya dan bisa cepat selesai jika bersama sama dengan orang lain
Jika tidak ditutupi dengan sesuatu misalnya dengan triplek atau seng, maka akan banyak orang yanag jatuh terperosok didalam lubang biopori.
Namun pembuatan lubang biopori dan sumur resapan masih sama sama digunakan hingga saat ini, ini biasanya terjadi sesuai dengan persetujuan yang dihasilkan dari kata mufakat didalam musyawarah yang telah dilakukan masyarakatnya atau kesediaan masyarakatnya untuk memilih dengan suara terbanyak mana yang lebih baik bagi mereka membuat sumur resapan atau biopori, agar nantinya tidak menimbulkan kesaalahpahaman atau pertikaian.